Satu Rumah Di Lebak Ambruk Akibat Pergeseran Tanah

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

Satu Rumah di Kampung Pasir Haur Lebak, Desa Malingping Selatan Kecamatan Malingping Lebak Banten, ambruk yang diduga diakibatkan oleh pergeseran tanah pada Jumat, (12/01/2024).

BPBD Lebak dan anggota Polsek Malingping dan anggota Satpol PP Malingping mendatangi rumah longsor dan mengecek penyebab dari peristiwa tersebut.

“Dari yang kami amati, tanah disini mengalami pergeseran. Selain wilayah tanah yang tebing, air yang melewati tanah tebing ini diduga sebagai penyebab longsornya rumah tersebut. Alhamdulillah namun tidak ada korban jiwa,” ujar Mumu Mahmudi dari BPBD Lebak.

Mumu pun mengaku sudah melaporkan mengenai wilayah tersebut untuk diberikan bantuan Tembok Penahan Tanah (TPT).

“Wilayah ini sebenarnya bukan kejadian pertama, kita pun sudah melaporkan mengenai kerawanan pergeseran tanah disini. Beberapa rumah warga pun karena wilayah tebing banyak yang sudah retak. Saran kami, tebing ini di Dam pakai Bronjong atau buat TPT,” ungkapnya.

Sementara itu, Bucek, tetangga dari rumah yang ambruk tersebut menjelaskan rawannya wilayah pertanahan tebing perumahan warga, namun menurutnya belum ada perhatian pemerintah.

“Kita harapkan wilayah tebing ini di Dam saja pakai Bronjong, saya pun pernah ajukan kepada pihak desa, namun kesulitan dari anggaran. Untuk Pemkab Lebak atau Pemprov Banten juga mohon dibantu, sebagai pencegahan bencana, apa harus timbul korban materiil dan jiwa dulu baru diperhatikan,” jelasnya.

Related posts