WBP Lapas Kelas II Serang Gelar Shalat Istisqa

Lapas Kelas II Serang

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas llA Serang menggelar Shalat Istisqa atau Shalat Muakaddah di Lapangan Tenis dalam Lapas untuk meminta hujan Kepada Allah SWT.

Kegiatan tersebut digelar bertujuan untuk memohon kepada Allah agar segera diberikan hujan sebagai rahmatnya untuk mengatasi kekeringan dan masalah yang muncul akibat kekurangan air, karena beberapa bulan ini sejumlah wilayah di Banten sedang mengalami kemarau panjang hingga mengakibatkan banyak petani mengalami gagal panen.

Bacaan Lainnya

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

Dikatakan Muhammad Zainulhaq, Shalat istisqa adalah sebuah shalat khusus dalam agama Islam yang dilakukan oleh umat Muslim untuk memohon hujan kepada Allah SWT ketika mengalami kekeringan atau kekurangan air.

“Kita bersama narapidana mengadakan shalat istisqa meminta kepada Allah SWT, alhamdulilah sudah kita kerjakan dan alhamdulilah lancar juga, dan semoga permohonan kita, doa kita, di kabulkan oleh Allah swt,” ucapnya

Lebih lanjut ia menjelaskan, Shalat istisqa merupakan bentuk doa dan upaya umat Muslim untuk memohon pertolongan dan berharap agar Allah SWT mengirimkan hujan sebagai karunianya, sehingga dapat mengatasi kekeringan, menyuburkan tanah, dan memenuhi kebutuhan air bagi tumbuhan, hewan, dan manusia.

“Kemaraunya luar biasa, suhunya luar biasa, dan ajaran agama kita mengajarkan demikian kalau kita lama tidak turun hujan, maka, masyarakat bahkan sebenarnya seluruh lapisan masyarakat mulai dari yang tinggi samapai bawah mengajak untuk shalat istisqa dan kalau kita baca sejarah biasanya dulu istisqa itu diprakarsai oleh prsiden atau gubernur nanti shalat bareng bareng bersama rakyat, in syaa allah kalau demikian di kabulkan oleh Allah swt,” paparnya.

Saat ini kemarau terjadi beberapa bulan terakhir dan sejumlah wilayah sudah mengalami kekeringan yang mengakibatkan susahnya air bersih untuk didapatkan.

Bahkan tidak sedikit masyarakat yang membeli air untuk kebutuhan sehari-hari

“Mungkin dari bulan juni di beberapa tempat kekeringan bahkan ada yang sampai gagal panen,” jelasnya.

Ia juga mengajak agar kegiatan tersebut juga dilakukan diberbagai wilayah terutama para pemimpin daerah dan mengajak masyarakat untuk meminta langsung kepada sang pencipta.

“Harapannya semua segenap masyarakat dari mulai rakyat yang paling bawah sampai seluruh pimpinan mari kita bertaubat kepada Allah kita perbaiki sikap kita barangkali selama kita hidup ini banyak kesalahan sehingga kesalahan itu mengakibatkan ujian berat dari Allah diantaranya tidak diturunkannya hujan maka kita mengajak semua masing masing bertaubat kepada allah memohon kepada Allah agar Allah turunkan rahmatnya,” tandasnya.

Selain itu, Kalapas kelas llA Serang, Fajar Nurcahyono, berharap dengan dilaksanakan Sholat Istisqa ini doa para narapidana dan petugas bisa dikabulkan agar diberikannya hujan.

“Kami juga di dalam lapas air sudah mengecil, dan juga di daerah daerah lain juga sudah mengalami kekeringan, jadi melalui sholat ini kami memohon kepada Allah SWT agar di turunkan hujan,”¬†tukasnya.

Pos terkait