Media sosial, saat ini menjadi salah satu kebutuhan bagi hampir semua orang, entah itu mencari atau membagian sebuah informasi, hiburan, bisnis, pekerjaan atau juga menjadi tempat curhat emak-emak yang memiliki masalah rumah tangga.
Emak-emak yang curhat di media sosial atau bahkan dibuat sebuah Podcast video di youtube sudah menjadi pemandangan yang tidak aneh, mengumbar aib pasangan sampai dengan tetangganya, sudah menjadi hal yang lumrah meskipun sebenarnya itu tidak baik dan kurang bijak dilakukan karena yang diceritakan di media sosial akan menjadi konsumsi publik dan akan berujung menjadi masalah baru.
Lalu apa sih tujuan dan manfaat curhat masalah rumah tangga atau masalah pribadi di media sosial ?
Curhat masalah rumah tangga atau masalah pribadi di media sosial biasnya tidak jauh hanya bertujuan untuk mencari simpati atau perhatian dari orang lain dan memberitahukan bahwa masalah yang sedang dihadapi itu berat.
Mencari simpati dengan menggumbar air rumah tangga atau masalah yang sedang dihadapi tentu saja tidak senepuhnya orang lain akan benar-benar peduli dan bersimpanti, karena pada dasarnya lebih bnayak yang akan merasa bahagia saat melihat orang lain dalam masalah, dan bukan sebuah solusi yang baik untuk melampiaskannya.
Melihat fakta tersebut tentu saja harus mulai sadar bahwa jika curhat di media sosial dan mengharapkan solusi atas masalah yang sedang dihadapi, itu tidak mungkin akan didapatkan karena tidak ada yang benar-benar bisa memberikan solusi atas masalah yang dihadapi kecuali kalian sendiri yang sedang dalam masalah.
Maka Menjadi bijak dalam menggunakan media sosial itu sangat penting untuk dilakukan, apa lagi di era seperti sekarang dimana banyak orang menjadikan media sosial sebagai tempat untuk melakukan modus penipuan, mencari target kejahatan, dan beberapa hal lain yang cukup meresahkan.
Ditambah saat ini juga ada undang-undang ITE yang dapat menjerat mereka yang menggunakan media sosial tidak sesuai fungsinya, jadi harus lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial pribadi.