Suwita Pata, Legenda Maung Bandung yang kini menukangi Persipan Pandeglang

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

Suwita Pata lahir di Bandung pada 25 Maret 1974. Lama berkutat di kompetisi intern Persib Bandung, karir Suwita sebagai pesepak bola professional tanah air mulai dikenal sejak dirinya bergabung dengan tim senior Persib Bandung pada musim 1999/2000.

Kendati sempat merantau ke beberapa tim seperti PSS Sleman dan PSIS Semarang, Suwita Pata akhirnya berjodoh kembali ke Persib dan menjadi kapten tim berjuluk Maung Bandung tersebut Selama periode 2007-2009.

Read More

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

Sebagai pemain bola, Suwita Pata dikenal sebagai pemain bertahan yang tangguh dan fasih memerankan berbagai posisi di lini belakang dari mulai Stopper, Libero, bek kanan, bek kiri hingga kemudian menasbihkan dirinya sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik yang dimiliki Persib Bandung pada masanya. Masa keemasan Suwita Pata sebagai gelandang bertahan berakhir ketika posisinya digantikan oleh legenda Persib lainnya, Hariono.

Selepas Persib, Suwita Pata kerap berganti tim, dari Peritara Jakarta Utara, PSIS Semarang, Persikota Tangerang, hingga menutup karir sebagai pesepak bola di klub Persikotas Tasikmalaya.

Kini Suwita Pata ditunjuk untuk menjadi pelatih Persipan Pandeglang yang tengah berlaga di Liga 3 dan bermarkas di Stadion Badak Pandeglang. Kehadirannya di Pandeglang merupakan bukti bahwa manajemen Persipan Pandeglang serius untuk naik level ke Liga 2.

Manager Persipan Pandeglang, Ayatullah Mudjahidin mengatakan, Persipan memberi tugas kepada Coach SP hingga Liga 3 selesai.

“Jika Coach SP mampu membawa Persipan menembus Liga 3 nasional, maka ada kemungkinan diperpanjang kontraknya. Kita mengontrak beliau sampai Liga 3 selesai. Apabila menembus nasional berarti kita akan cukup lama bekerja sama dengan Coach SP,” ujar Ayatullah Mudjahidin.

Related posts