YPUI dan BTNUK Perkenalkan Satwa Owa Jawa (Javan Gibbon) Ke Siswa Di Pandeglang

Planet Urgensi

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

Yayasan Planet Urgensi Indonesia bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon menggelar sosialisasi tentang Primata Owa Jawa kepada siswa dan siswi di Kecamatan Cimanggu Kabupaten pada 24 Oktober 2023 lalu.

Vivit Nurhikmah Havita Awareness and Campaign Officer Yayasan Planet Urgensi Indonesia mengatakan, Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Kawasan konservasi memiliki 3 hewan dengan status Endangered (Terancam punah) yakni Badak Jawa, Banteng dan Owa jawa. Bertepatan pada tanggal 24 Oktober adalah momentum peringatan Hari Owa Sedunia. Yayasan Planet Urgensi Indonesia bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon menginisiasi peringatan hari owa sedunia dengan mengadakan Kampanye Lingkungan seputar Kawasan Taman Nasional Ujung kulon dan fauna didalamnya yakni Owa Jawa.

Read More

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE

“Peringatan ini ditujukan agar semakin banyak publik yang menyadari akan pentingnya kehadiran owa jawa di alam kita, khususnya di Kawasan TNUK. Faktor utama terjaganya keberadaan Owa yakni tersedianya hutan yang sehat sebagai tempat mereka bernaung. Hal tersebut perlu di dukung oleh Masyarakat yang tinggal disekitarnya,” ungkapnya kepada wartawan, pada 2 November 2023.

Vivit berharap, dengan adanya sosialisasi yang melibatkan siswa dari tingkat SDN dan SMP di Kecamatan Cimanggu, yang merupakan wilayah penyangga Kawasan TNUK dapat menumbuhkan kesadaran para siswa dan guru tentang pentingnya melindungi hewan yang masih satu keluarga dengan Orang Utan tersebut.

“Melalui Gerakan kampanye lingkungan yang dilaksanakan di SDN Rancapinang 01 dan SMPN 3 Cimanggu yakni sekolah yang berada di bawah kaki gunung Honje Kawasan TNUK, dapat menumbuhkan kesadaran bagi siswa-siswi maupun guru yang terlibat dalam kegiatan tentang pentingnya melindungi dan menyayangi owa jawa yang sangat khas dengan nyanyiannya yang merdu dan terancam punah. Happy World Gibbon Days 2023. Sayangi dan Lindungi Owa,”harapnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasiona Wilayah III Sumur I Made Artawan mengatakan, Kegiatan Ini dilakukan sebagai sosialisasi untuk para generasi muda untuk memahami tentang pentingnya konservasi dan tentunya dapat ikut serta dalam menjaga dan melestarikan 3 satwa prioritas di TNUK, Badak Jawa, Owa Jawa dan Banteng yang keberadaan populasinya cenderung menurun.

“Materi yang disampaikan meliputi keanekaragaman jenis satwa dan tumbuhan yang ada di TNUK, manfaat adanya hutan serta akibat yang terjadi bila hutan rusak juga tentang Owa Jawa yang ada di TNUK mulai dari pakannya, perilaku dan jenis-jenis owa,”tulisnya dalam akun intagram BTN_UJUNG_KULON, pada 26 Oktober 2023.

Related posts